HUBUNGAN KEBIASAAN SARAPAN, TINGKAT KECUKUPAN ENERGI DAN PROTEIN DENGAN STATUS GIZI SANTRI PPI 33 AL-MANAR PURWAKARTA

Authors

  • Gustina Imaniar Ifhna Putri Program Studi S1 Ilmu Gizi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Holistik
  • Ahmad Yani Program Studi S1 Ilmu Gizi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Holistik
  • Safrina Oksidriyani Program Studi S1 Ilmu Gizi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Holistik

DOI:

https://doi.org/10.51873/jhhs.v7i2.209

Keywords:

kebiasaan sarapan, tingkat kecukupan energi dan protein, status gizi

Abstract

Latar Belakang: Kebiasaan makan pada masa remaja dapat berdampak pada kesehatan terutama masalah gizi pada fase kehidupan yang akan datang yaitu saat dewasa dan usia lanjut. Banyak remaja yang tinggal di pondok pesantren masih melewatkan waktu makan dan mengkonsumsi makanan yang tidak seimbang.

Tujuan: Mengetahui hubungan kebiasaan sarapan, tingkat kecukupan energi dan protein dengan status gizi santri di Asrama PPI 33 Al-Manar Purwakarta.

Metode: Desain penelitian ini adalah cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan secara conecutive sampling. Penelitian dilakukan pada bulan November tahun 2021. Subjek penelitian adalah santri aktif yang tinggal di asrama PPI 33 Al-Manar yang memenuhi kriteria inklusi sebanyak 25 orang. Data yang dikumpulkan meliputi kebiasaan sarapan dengan menggunakan kuesioner, tingkat kecukupan energi dan protein dengan metode food recall 3x24 jam, dan status gizi ditentukan berdasarkan pengukuran IMT/U, analisis data pada penelitian ini menggunakan uji Pearson Chi Square.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 22 subjek (88%) memiliki kebiasaan sarapan yang kurang baik. Tingkat kecukupan energi kurang sebanyak 20 subjek (80%). Tingkat kecukupan protein kurang sebanyak 13 subjek (52%). Sebanyak 22 subjek (88%) memiliki status gizi normal. Tidak ada hubungan antara kebiasaan sarapan (p=0,981), tingkat kecukupan energi (p=0,100), dan protein (p=0,995) dengan status gizi santri di Asrama PPI 33 Al-Manar.

Simpulan: Tidak ada hubungan kebiasaan sarapan, tingkat kecukupan energi dan protein dengan status gizi santri di Asrama PPI 33 Al-Manar Purwakarta.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

05-01-2024

How to Cite

HUBUNGAN KEBIASAAN SARAPAN, TINGKAT KECUKUPAN ENERGI DAN PROTEIN DENGAN STATUS GIZI SANTRI PPI 33 AL-MANAR PURWAKARTA. (2024). Journal of Holistic and Health Sciences (Jurnal Ilmu Holistik Dan Kesehatan), 7(2), 94-100. https://doi.org/10.51873/jhhs.v7i2.209