Hubungan status gizi, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar siswa
DOI:
https://doi.org/10.51873/jhhs.v9i1.342Keywords:
Status Gizi, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Siswa, ManusiaAbstract
Latar Belakang: Sumber daya manusia yang berkualitas tinggi sangat dipengaruhi oleh pendidikan. Untuk menilai kualitas pendidikan, prestasi belajar menjadi tolak ukur utama. Oleh karena itu, elemen-elemen yang berpengaruh terhadap prestasi belajar harus dipahami secara menyeluruh. Siswa dengan status gizi yang tidak normal beresiko mengalami penurunan prestasi belajar. Selain status gizi, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual juga berperan dalam prestasi belajar. Dengan memperhatikan konsep body, mind dan spirit (BMS) pendidikan dapat mengadopsi pendekatan holistik yang saling mempengaruhi sehingga penting untuk menjaga keseimbangan BMS untuk mencapai prestasi belajar yang optimal.
Tujuan: Menganalisis hubungan antara status gizi, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar siswa-siswi MTsN 1 Purwakarta.
Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian analitik observasional dengan desain cross sectional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik consecutive sampling yang memenuhi kriteria dengan besar sampel yakni 88 orang
Hasil: Data hasil penelitian ini menunjukkan bahwa status gizi subjek sebagian besar gizi baik sebanyak 49 orang (55.7%), kecerdasan emosional subjek sebagian besar rendah sebanyak 49 orang (55.7%), kecerdasan spiritual subjek sebagian besar rendah sebanyak 48 orang (54.5%), dan prestasi belajar subjek sebagian besar baik sebanyak 78 orang (88.6%). Hasil uji Chi Square menunjukkan ada hubungan secara signifikan antara status gizi, dengan prestasi belajar siswa-siswi MTsN 1 Purwakarta (p=0.050), sedangkan kecerdasan emosional (p=0.502) dan spiritual (p=0.336) tidak bermakna.
Simpulan: Ada hubungan antara status gizi, dengan prestasi belajar siswa-siswi MTsN 1 Purwakarta.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sri Rahayu, Ahmad Yani, Aviani Harfika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.