Hubungan status gizi, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar siswa

Authors

  • Sri Rahayu Program Studi S1 Ilmu Gizi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Holistik
  • Ahmad Yani Program Studi S1 Ilmu Gizi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Holistik
  • Aviani Harfika Program Studi S1 Ilmu Gizi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Holistik

DOI:

https://doi.org/10.51873/jhhs.v9i1.342

Keywords:

Status Gizi, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Siswa, Manusia

Abstract

Latar Belakang: Sumber daya manusia yang berkualitas tinggi sangat dipengaruhi oleh pendidikan. Untuk menilai kualitas pendidikan, prestasi belajar menjadi tolak ukur utama. Oleh karena itu, elemen-elemen yang berpengaruh terhadap prestasi belajar harus dipahami secara menyeluruh. Siswa dengan status gizi yang tidak normal beresiko mengalami penurunan prestasi belajar. Selain status gizi, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual juga berperan dalam prestasi belajar. Dengan memperhatikan konsep body, mind dan spirit (BMS) pendidikan dapat mengadopsi pendekatan holistik yang saling mempengaruhi sehingga penting untuk menjaga keseimbangan BMS untuk mencapai prestasi belajar yang optimal.

Tujuan: Menganalisis hubungan antara status gizi, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar siswa-siswi MTsN 1 Purwakarta.

Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian analitik observasional dengan desain cross sectional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik consecutive sampling yang memenuhi kriteria dengan besar sampel yakni 88 orang

Hasil: Data hasil penelitian ini menunjukkan bahwa status gizi subjek sebagian besar gizi baik sebanyak 49 orang (55.7%), kecerdasan emosional subjek sebagian besar rendah sebanyak 49 orang (55.7%), kecerdasan spiritual subjek sebagian besar rendah sebanyak 48 orang (54.5%), dan prestasi belajar subjek sebagian besar baik sebanyak 78 orang (88.6%). Hasil uji Chi Square menunjukkan ada hubungan secara signifikan antara status gizi, dengan prestasi belajar siswa-siswi MTsN 1 Purwakarta (p=0.050), sedangkan kecerdasan emosional (p=0.502) dan spiritual (p=0.336) tidak bermakna.

Simpulan: Ada hubungan antara status gizi, dengan prestasi belajar siswa-siswi MTsN 1 Purwakarta.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

01-08-2025

How to Cite

Hubungan status gizi, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar siswa. (2025). Journal of Holistic and Health Sciences (Jurnal Ilmu Holistik Dan Kesehatan), 9(1), 1-8. https://doi.org/10.51873/jhhs.v9i1.342